SoapyNature

Sabun “Handmade” Yang Baik Buat Kulit Anda

KHASIAT BERBAGAI BAHAN ISIAN SABUN 26 Maret 2009

Filed under: SoapyNature — halalsoapmaker @ 4:36 am

Susu

Susu mengandung asam beta hydroxy alami yang tidak saja berfungsi sebagai peeling yang mengikis kotoran dan mengelupas kulit mati, tetapi juga memperhalus lapisan di bawahnya. Susu membuat kulit menjadi halus, bersinar dan tidak bersisik. Selain itu, kandungan protein dalam susu juga berguna sebagai suplai nutrisi yang berfungsi melembabkan sekaligus melapisi permukaan kulit agar lebih halus dan kenyal. (berbagai sumber)


TEH HIJAU

Teh hijau merupakan antiseptik alami yang meredakan peradangan, bengkak dan gatal pada kulit. Termasuk juga luka karena terbakar matahari dan sebagainya. Teh hijau juga dapat digunakan untuk mengempiskan jerawat, kulit terbakar bahkan kelopak mata yang membengkak. Pada uji lab, teh hijau mampu melindungi kulit dari bahaya sinar UV yang memicu munculnya kanker kulit, baik dengan cara meminumnya atau mengoleskannya langsung pada kulit.

Selain diseduh dan diminum langsung, manfaat teh juga bisa kita rasakan jika kita mandi menggunakan ramuan teh hijau, khususnya untuk mengobati peradangan akibat penyakit kulit. Dalam sebuah studi yang dilakukan peneliti dari fakultas kedokteran Universitas Georgia dan dipublikasikan dalam jurnal Experimental Dermatology, disimpulkan bahwa teh hijau efektif mengobati peradangan akibat penyakit kulit seperti psoriasis, bahkan lesi kulit yang berkaitan dengan penyakit lupus. (berbagai sumber)

MADU

Sejak dahulu madu telah digunakan sebagai bahan dasar perawatan kulit. Selain teksturnya yang lembut, kandungan madu sangat kaya akan vitamin, mineral, antioksidan dan potasium yang dapat digunakan sebagai pelembab, penyegar bahkan masker wajah. Selain itu madu juga mengandung antibiotika sebagai antibakteri dan antiseptik menjaga luka. Madu merupakan humectant yang berarti memiliki kemampuan untuk menarik dan mengikat kelembaban.

Zat alami yang terkandung dalam madu membantu tubuh menjalankan fungsinya dalam melembabkan kulit. Lebih dari itu, madu alami cocok untuk segala jenis kulit, bahkan bagi kulit yang sangat sensitif sekalipun. Sebuah penelitian terbaru menyebutkan efektivitas madu sebagai antimicrobial agent, yang berfungsi mencegah pertumbuhan bakteri. Kandungan antimicrobial dalam madu membuatnya bermanfaat dalam perawatan jerawat ringan. (berbagai sumber)

WORTEL

Wortel dapat digunakan untuk menghaluskan kulit. Kandungan Beta carotene dalam buah ini juga merupakan anti oksidan yang dapat membantu memperlambat proses penuaan. Wortel dapat dimanfaatkan untuk facial terutama bila kulit anda normal cenderung berminyak. Kandungan vitamin A dan C-nya yang tinggi sangat baik untuk kulit wajah. (berbagai sumber)

LIDAH BUAYA

Gel lidah buaya seringkali digunakan untuk mengobati luka gores, tersayat, gigitan serangga dan ruam. Lidah buaya diduga juga jadi bahan rahasia kecantikan Cleopatra. Jika Anda bermasalah dengan jerawat atau memiliki kulit berminyak, lidah buaya bisa jadi pilihan bagus untuk perawatan wajah. Ph pada lidah buaya mengembalikan keseimbangan kulit sekaligus membersihkan kulit yang bernoda. Lidah buaya juga melembabkan kulit.

Zat lignin yang dikandungnya diyakini dapat menembus sekaligus meresap ke dalam kulit serta menahan hilangnya cairan dari permukaan kulit. Dengan demikian kulit jadi tidak cepat kering sementara kelembapannya tetap terjaga. Kandungan enzim cellulose, amylose, protein dan biogenik simulator merupakan zat aktif dapat membantu metabolisme dan merangsang pertumbuhan dan regenerasi se-sel kulit. (berbagai sumber)

PAPAYA

Buah pepaya mengandung getah berwarna putih yang mengandung enzim pemecah protein yang populer dengan sebutan papain. Papain bisa melarutkan sel-sel mati yang melekat pada kulit dan sukar terlepas secara fisik. Noda dan flek di wajah bisa dikikis oleh papain hingga menjadi mulus dan bersih. Papain pun mengandung 1,2% sulfur yang berfungsi mengobati penyakit kulit seperti jerawat, kutil, dan bekas luka. Lebih dari 50 asam amino terkandung dalam getah pepaya bersatu padu menjadi bahan baku industri kosmetik untuk menghaluskan kulit dan menguatkan jaringan agar lebih kenyal. (berbagai sumber

KUNYIT

Kunyit bermanfaat sebagai antioksidan, antiseptik, antibakteri, antijamur dan antialergi. Kunyit dapat menghilangkan gatal-gatal di kulit, serta berfungsi sebagai stimulan hingga peredaran darah lancar. Untuk pemakaian pada kulit, secara tradisional kunyit banyak dipakai untuk infeksi kulit. (berbagai sumber)


LABU KUNING

Labu kuning sangat cocok untuk eksema (eksim). Labu kuning berkhasiat melindungi dan menyejukkan luka, kulit kasar dan mencegah kulit bersisik. Labu kuning kaya akan komponen alami seperti vitamin A dan C, B, betakaroten anti-oksidan dan banyak lagi. Labu juga mengandung enzim dan asam salicylic, asam lactic dan asam ascorbic, yang secara lembut mengelupas bagian kulit yang bersisik. Labu kuning mengurangi oksidasi dan efek radikal bebas di kulit, memberikan nutrisi ke kulit dan merangsang penyembuhan, membuat kulit bersinar dan terlihat sehat. (berbagai sumber)


 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s